RENCANA PERKULIAHAN SEMESTER (RPS)
SEMESTERGASAL TAHUN 2016/2017
A. IDENTITAS MATAKULIAH
1.
Program Studi :
Lintas Jurusan/Prodi
2.
Mata Kuliah :
Bahasa Arab
3.
Bobot SKS :
2 SKS
4.
Semester :
I
5.
JenisKompetensi :
Mata Kuliah Dasar
6.
Dosen :
Khairul Muttaqin, M.Th.I
email: muttaqin.ilunks@gmail.com
B. DESKRIPSI MATAKULIAH
Mata kuliah membahas teks
berbahasa arab secara terbatas yang terdiri dari 14 judul, serta kaidah-kaidah
yang berhubungan dengan teks tersebut, meliputi: Kata Kerja (Fi’il), isim mufrad (bentuk
tunggal), mutsannah (bentuk dua) dan jamak (bentuk plural),
mudzakar (maskulin) dan muannats (feminism), Jumlah Mufidah; Jumlah Ismiyah (Kalimat
Nominal) dan Jumlah fi’liyah (Kalimat Verbal), Mubtada’- Khabar, Fail
dan Maf’ul Bih, Fi’il Lazim dan Fi’il Muta’addi, Maf’ul Fih/Dzaraf,
Maf’ul lah/Liajlih dan Maf’ul Ma’ah, Kana wa Akhawatuha,Inna wa
Akhawatuha, Kana wa Akhawatuha (seputar isim Kana dan khabarnya), Inna
wa Akhawatuha (Seputar isim Inna dan Khabarnya)
C. STANDAR KOMPETENSI
Mahasiswa mampu memahami teks Bahasa Arab secara baik dan benar serta kaidah-kaidah yang terdapat dalam buku Durus al-Lughah al-‘Arabiyah
D. KOMPETENSIDasar
Mahasiswamemiliki;
1. Ketrampilan
menyimak, berbicara, membaca, menulis dan menterjehkan teks tentang fi
al-Maktabah dan kaidah tentang fi’il.
2. Ketrampilan
menyimak, berbicara, membaca, menulis dan menterjehkan teks tentang fi al-Shof dan
kaidah Mufrod, mutsanna dan jamak
3. Ketrampilan
menyimak, berbicara, membaca, menulis dan menterjehkan teks tentang fi al-Qo’ah
dan kaidah tentang Mudzakkar dan Muannats
4. Ketrampilan
menyimak, berbicara, membaca, menulis dan menterjehkan teks tentang Qodo’ Waqt
al-Faragh dan kaidah tentang Jumlah Mufidah; Jumlah
Ismiyah (Kalimat Nominal) dan
Jumlah fi’liyah (Kalimat Verbal)
5. Ketrampilan
menyimak, berbicara, membaca, menulis dan menterjehkan teks tentang fi
al-Manzil dan kaidah tentang Mubtada’ Khabar.
E. INDIKATOR KOMPETENSI
Melalui kajian teoritik dan praksis dalam kegiatan perkulihan,
mahasiswa mampu:
1. Menjelaskan
Kosa kata yang berkenaan dengan teks
2. Menjelaskan
isi yang terkandung dalam teks
3. Mengaplikasikan
isi teks secara langsung (lisan)
4. Menjelaskan
kaidah-kaidah yang berkaitan dengan teks
5. Mengidentifikasi
kaidah dalam bentuk latihan (Tadribat)
6. Membuat contoh
lain dalam bentuk kalimat.
F. METODE PERKULIAHAN
Dalam pelaksanaan perkuliahan ini lebih banyak menuntut
keaktifan mahasiswa untuk belajar secara aktif dan mandiri, dosen hanya sebagai
fasilitator, di mana digunakan beberapa strategi pembelajaran diantara Synergetic
Teaching, Discussion, Student Created case study, Drill.
G. INTERKONEKSI BIDANG LAIN
Bidang ilmu ini memiliki keterkaitan dengan Dirosah Islamiyah.
H. BUKU RUJUKAN
1.
Umar Bukhori, Jamal Abdul
Nasir, Ainul Haq Nawawi, Maimun Nawawi, al-‘Arabiyyah li al-Mubtadiin Durus
al-Lughah al-‘Arabiyah ‘ala al-Thoriqoh al-Istinbathiyah, 2015.
2.
Muhammad Isma’il Shini, Nashif Mustofa Abdul Aziz, Mukhtar
al-Tohir Husein, al-‘Arabiyyah li al-Nasyiin, 1987.
3.
Muhammad Amin al-Mishri, Thoriqoh Jadidah fi
Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyyah, Syria:Maktabah Dar al-‘Ulum, tt.
4.
Ali Jawwad al-Tohir, Ushul Tadris al-Lughah
al-‘Arabiyah, Beirut: Dar al-Raid al-‘Arabi, 1984.
5.
Ali Ahmad Madzkur, Tadris Funun al-Lughah
al-‘Arabiyah, Kairo: Dar al-Syawaf, 1991.
6.
Dawud Abduh, Nahw Ta’lim al-Lughah
al-‘Arabiyah Wadhifiyyan, Kuwait: Muassasah Dar al-‘Ulum, 1979.
7.
Rusydi Ahmad Tu’aimah, al-Maharat
al-Lughawiyyah: Mustawayatuha, Tadrisuha, Su’ubatuha, Kairo: Dar al-Fikr
al-‘Arabi, 2004
8.
‘Atif Fadhl Muhammad, al-Nahw al-Wadzihi,
Oman: Dar al-Masiroh, 2010
9.
Abdul Karim Bakkar, Shofwah al-Qawaid
al-‘Arabiyah, Qatar: Wizarah al-Awqafwa al-Syuun al-Islamiyah, 2014
10. Ayman Abdul
Razaq al-Syawwar, Mabadi’ Asasiyah fi Fahmi al-Jumlah al-‘Arabiyah, Syria:
Dar Iqra’, 2006.
I. TOPIK PERKULIAHAN
Kegiatan perkuliahan diatur menurut tatap-muka terstruktur, jadwal waktu menurut kalender akademik, dan penetapan topik-topik bahasan, meliputi :
STEP
|
TOPIK
PERKULIAHAN
|
I
|
في المكتبة
|
II
|
في الصف
|
III
|
في القاعة
|
IV
|
قضاء وقت الفراغ
|
V
|
في المنزل |
VI
|
المسحد
|
VII
|
وسائل المواصلات
|
VIII
|
مسلمو إندونيسيا
|
IX
|
Ujian Formatif
(UTS)
|
X
|
في الطريق
|
XI
|
المرأة في الإسلام
|
XII
|
الواجب المنزلي |
XIII
|
الحفل التمثيلي |
XIV
|
خالد بن الوليد |
XV
|
رمضان شهر الصوم
|
XVI
|
Ujian Sumatif
(UAS)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar