Senin, 22 Agustus 2016

RPS Bahasa Arab

RENCANA PERKULIAHAN SEMESTER (RPS)
SEMESTERGASAL TAHUN 2016/2017


A.    IDENTITAS MATAKULIAH

1.      Program Studi                   : Lintas Jurusan/Prodi
2.      Mata Kuliah                      : Bahasa Arab
3.      Bobot SKS                        : 2 SKS
4.      Semester                            : I
5.      JenisKompetensi               : Mata Kuliah Dasar
6.      Dosen                                : Khairul Muttaqin, M.Th.I

B.     DESKRIPSI MATAKULIAH

Mata kuliah membahas teks berbahasa arab secara terbatas yang terdiri dari 14 judul, serta kaidah-kaidah yang berhubungan dengan teks tersebut, meliputi: Kata Kerja (Fi’il), isim mufrad (bentuk tunggal), mutsannah (bentuk dua) dan jamak (bentuk plural), mudzakar (maskulin) dan muannats (feminism), Jumlah Mufidah; Jumlah Ismiyah (Kalimat Nominal) dan Jumlah fi’liyah (Kalimat Verbal), Mubtada’- Khabar, Fail dan Maf’ul Bih, Fi’il Lazim dan Fi’il Muta’addi, Maf’ul Fih/Dzaraf, Maf’ul lah/Liajlih dan Maf’ul Ma’ah, Kana wa Akhawatuha,Inna wa Akhawatuha, Kana wa Akhawatuha (seputar isim Kana dan khabarnya), Inna wa Akhawatuha (Seputar isim Inna dan Khabarnya)

C.    STANDAR KOMPETENSI

Mahasiswa mampu memahami teks Bahasa Arab secara baik dan benar serta kaidah-kaidah yang terdapat dalam buku Durus al-Lughah al-‘Arabiyah


D.    KOMPETENSIDasar

Mahasiswamemiliki;
1.      Ketrampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis dan menterjehkan teks tentang fi al-Maktabah dan kaidah tentang fi’il.
2.      Ketrampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis dan menterjehkan teks tentang fi al-Shof dan kaidah Mufrod, mutsanna dan jamak
3.      Ketrampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis dan menterjehkan teks tentang fi al-Qo’ah dan kaidah tentang Mudzakkar dan Muannats
4.      Ketrampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis dan menterjehkan teks tentang Qodo’ Waqt al-Faragh dan kaidah tentang Jumlah Mufidah; Jumlah Ismiyah (Kalimat Nominal) dan Jumlah fi’liyah (Kalimat Verbal)
5.      Ketrampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis dan menterjehkan teks tentang fi al-Manzil dan kaidah tentang Mubtada’ Khabar.

E.     INDIKATOR KOMPETENSI

Melalui kajian teoritik dan praksis dalam kegiatan perkulihan, mahasiswa mampu:
1.      Menjelaskan Kosa kata yang berkenaan dengan teks
2.      Menjelaskan isi yang terkandung dalam teks
3.      Mengaplikasikan isi teks secara langsung (lisan)
4.      Menjelaskan kaidah-kaidah yang berkaitan dengan teks
5.      Mengidentifikasi kaidah dalam bentuk latihan (Tadribat)
6.      Membuat contoh lain dalam bentuk kalimat.

 

F.     METODE PERKULIAHAN

Dalam pelaksanaan perkuliahan ini lebih banyak menuntut keaktifan mahasiswa untuk belajar secara aktif dan mandiri, dosen hanya sebagai fasilitator, di mana digunakan beberapa strategi pembelajaran diantara Synergetic Teaching, Discussion, Student Created case study, Drill.

           

G.    INTERKONEKSI BIDANG LAIN

Bidang ilmu ini memiliki keterkaitan dengan Dirosah Islamiyah.

                                              

H.    BUKU RUJUKAN

1.    Umar Bukhori, Jamal Abdul Nasir, Ainul Haq Nawawi, Maimun Nawawi, al-‘Arabiyyah li al-Mubtadiin Durus al-Lughah al-‘Arabiyah ‘ala al-Thoriqoh al-Istinbathiyah, 2015.
2.    Muhammad Isma’il Shini, Nashif Mustofa Abdul Aziz, Mukhtar al-Tohir Husein, al-‘Arabiyyah li al-Nasyiin, 1987.
3.    Muhammad Amin al-Mishri, Thoriqoh Jadidah fi Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyyah, Syria:Maktabah Dar al-‘Ulum, tt.
4.    Ali Jawwad al-Tohir, Ushul Tadris al-Lughah al-‘Arabiyah, Beirut: Dar al-Raid al-‘Arabi, 1984.
5.    Ali Ahmad Madzkur, Tadris Funun al-Lughah al-‘Arabiyah, Kairo: Dar al-Syawaf, 1991.
6.    Dawud Abduh, Nahw Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyah Wadhifiyyan, Kuwait: Muassasah Dar al-‘Ulum, 1979.
7.    Rusydi Ahmad Tu’aimah, al-Maharat al-Lughawiyyah: Mustawayatuha, Tadrisuha, Su’ubatuha, Kairo: Dar al-Fikr al-‘Arabi, 2004
8.    ‘Atif Fadhl Muhammad, al-Nahw al-Wadzihi, Oman: Dar al-Masiroh, 2010
9.    Abdul Karim Bakkar, Shofwah al-Qawaid al-‘Arabiyah, Qatar: Wizarah al-Awqafwa al-Syuun al-Islamiyah, 2014
10.     Ayman Abdul Razaq al-Syawwar, Mabadi’ Asasiyah fi Fahmi al-Jumlah al-‘Arabiyah, Syria: Dar Iqra’, 2006.
                                                                                                                     

I.       TOPIK PERKULIAHAN

Kegiatan perkuliahan diatur menurut tatap-muka terstruktur, jadwal waktu menurut kalender akademik, dan penetapan topik-topik bahasan, meliputi :

STEP
TOPIK PERKULIAHAN
I
في المكتبة
II
في الصف
III
في القاعة
IV
قضاء وقت الفراغ
V

في المنزل

VI
المسحد
VII
وسائل المواصلات
VIII
مسلمو إندونيسيا
IX
Ujian Formatif (UTS)
X
في الطريق
XI
المرأة في الإسلام
XII

الواجب المنزلي

XIII

الحفل التمثيلي

XIV

خالد بن الوليد

XV
رمضان شهر الصوم
XVI
Ujian Sumatif (UAS)

 

J.      JENIS EVALUASI

Dalam kegiatan perkuliahan ini digunakan dua jenis evaluasi. Pertama, evaluasi proses belajar yang mencakup performansi (15%), dan akhlak mulia (15%), resitasi/penugasan (15%), kedisiplinan (10%) dan ujian formatif (20%). Kedua, evaluasi hasil belajar yaitu ujian sumatif (25%). Kedua jenis evaluasi itu menjadi bahan perbaikan, peningkatan, dan atau pengembangan kualitas perkuliahan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar