RENCANA PERKULIAHAN SEMESTER (RPS)
SEMSESTER GENAP TAHUN 2016/2017
IDENTITAS MATAKULIAH
Program Studi : Ilmu al-Qur’an dan Tafsir (IQT)
Mata Kuliah : Hadits Ibadah
Bobot SKS : 2 SKS
Semester : III
Jenis
Kompetensi : Mata Kuliah Utama (MKU)
Kelas : A
Dosen : Khairul Muttaqin, M.Th.I
DESKRIPSI MATAKULIAH
Matakuliah ini menyajikan informasi-keterampilan tentang hadits ibadah, dimana diharapkan nantinya mahasiswa dapat membaca dan menganalisa sebuah
teks hadits ibadah secara mandiri. Perkuliahan ditekankan pada pemahaman
mahasiswa dalam memahami hadits ibadah dan pemahamannya.
STANDAR KOMPETENSI
Mahasiswa mampu
menghafal, memahami, menggali dan mempraktikkan hadits-hadits yang berkaitan
dengan ibadah.
Kompetensi Dasar
1.
Mahasiswa mampu menghafal hadits-hadits tentang ibadah.
2.
Mahasiswa mampu memahami makna tekstual dan kontekstual hadits-hadits
tentang ibadah.
3.
Mahasiswa mampu menguasai konsep dan aturan pemahaman hadits
ibadah.
4.
Mahasiswa mampu memahami keragaman pendapat ulama’ klasik dan
modern tentang pemahaman hadits-hadits ibadah.
5.
Mahasiswa mampu mempraktikkan hadits ibadah dalam kehidupan
sehari-hari.
INDIKATOR KOMPETENSI
Melalui kajian teoritik dan praksis dalam kegiatan perkulihan, mahasiswa
mampu:
- Mahasiswa mampu menghafal, menjelaskan kandungan, menghhaditsi dan mempraktikkan hikmah hadits-hadits yang menjelaskan tentang hadats dan najis.
- Mahasiswa mampu menghafal, menjelaskan kandungan dan menghhaditsi dan mempraktikkan hikmah hadits-hadits yang menjelaskan tentang shalat fardhu dan shalat sunnah.
- Mahasiswa mampu menghafal, menjelaskan kandungan dan menghhaditsi dan mempraktikkan hikmah hadits-hadits yang menjelaskan tentang zakat.
- Mahasiswa mampu menghafal, menjelaskan kandungan dan menghhaditsi dan mempraktikkan hikmah hadits-hadits yang menjelaskan tentang puasa wajib dan puasa sunnah.
- Mahasiswa mampu menghafal, menjelaskan kandungan dan menghhaditsi dan mempraktikkan hikmah hadits-hadits yang menjelaskan tentang haji dan umrah.
METODE PERKULIAHAN
Dalam pelaksanaan perkuliahan ini lebih banyak menuntut keaktifan mahasiswa untuk belajar secara aktif dan mandiri, dosen hanya sebagai fasilitator, dimana digunakan beberapa strategi pembelajaran diantara Interactive Lecturing, The power of two, Diskusi dan Praktek aplikasi secara langsung (Demostrasi).
BUKU RUJUKAN
§ Abu Abd
al-Rahman Ahmad bin Syu’aib al‑Nasa’i, Sunan al‑Nasa’i
§ Abu Isa
Muhammad bin Isa al-Turmudzi al-Silmi, Sunan al‑Turmudzi.
§ Ibn Majah, Sunan
Ibn Majah
§ Abu Daud
Sulaiman bin al-Asy’ats al-Sijistani al-Azdi, Sunan Abi Daud
§ Abu Abdillah
Muhammad bin Ismail al-Bukhari al-Ju’fi, Shahih al-Bukhari
§ Muslim bin
al-Hijaj Abu al-Husain al-Qusyairi al-Naisaburi, Shahih Muslim
§ Imam Nawawi, Riyadlus
Shalihin
§ Ibn Hajar al‑Asqalani,
Bulugh al-Maram min adillatil ahkam
§ Jalaluddin Al‑Suyuthi,
al‑Jami’ al‑Shaghir.
§ Aminah Abd.
Dahlan. 1981. Hadits Arba’in An Nawawiyah.
Bandung : Al Ma’arif
TOPIK PERKULIAHAN
Kegiatan perkuliahan diatur menurut tatap-muka terstruktur, jadual waktu menurut kalender akademik, dan penetapan topik-topik bahasan, meliputi :
Pertemuan ke
|
Topik
Perkuliahan
|
1
|
Ta’aruf dan
Kontrak Belajar
|
2
|
Hadits
wudlu', al-ghasl dan tayammum
|
3
|
Hadits tentang macam-macam najis dan cara penyuciannya. |
4
|
Hadits
tentang Macam darah haid dan nifas.
|
5
|
Hadits
tentang dasar hukum dan rukun shalat.
|
6
|
Hadits
tentang macam-macam shalat.
|
7
|
Hadits
tentang tata cara dan hikmah shalat.
|
8
|
Ujian
Formatif (UTS)
|
9
|
Hadits
tentang dasar hukum, rukun dan
macam-macam zakat.
|
10
|
Hadits
tentang tatacara, hikmah zakat, muzakki dan mustahqqun dan mengelola zakat.
|
11
|
Hadits
tentang dasar hukum, rukun, macam, tatacara, rukhshoh dan hikmah puasa wajib.
|
12
|
Hadits
tentang macam-macam puasa sunnah dan klasifikasinya.
|
13
|
Hadits
tentang dasar hukum, rukun haji dan umroh.
|
14
|
Hadits
tentang macam, tatacara dan hikmah haji.
|
15
|
Ujian Sumatif
(UAS)
|
JENIS EVALUASI
·
Performasi (15%)
·
Akhlak Mulia (15%)
·
Penugasan (15%)
·
Kedisiplinan (10%)
·
Ujian Formatif (20%)
·
Ujian Sumatif (25%)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar