Senin, 22 Agustus 2016

RPS Hadits Ibadah



RENCANA PERKULIAHAN SEMESTER (RPS)
SEMSESTER GENAP TAHUN 2016/2017


IDENTITAS MATAKULIAH

Program Studi       : Ilmu al-Qur’an dan Tafsir (IQT)
Mata Kuliah          : Hadits Ibadah
Bobot SKS           : 2 SKS
Semester               :  III
Jenis Kompetensi  : Mata Kuliah Utama (MKU)
Kelas                    : A
Dosen                   : Khairul Muttaqin, M.Th.I
                               email: muttaqin.ilunks@gmail.com

DESKRIPSI MATAKULIAH

Matakuliah ini menyajikan informasi-keterampilan tentang hadits ibadah, dimana diharapkan nantinya mahasiswa dapat membaca dan menganalisa sebuah teks hadits ibadah secara mandiri. Perkuliahan ditekankan pada pemahaman mahasiswa dalam memahami hadits ibadah dan pemahamannya.


STANDAR KOMPETENSI 

Mahasiswa mampu menghafal, memahami, menggali dan mempraktikkan hadits-hadits yang berkaitan dengan ibadah.

Kompetensi Dasar

1.      Mahasiswa mampu menghafal hadits-hadits tentang ibadah.
2.      Mahasiswa mampu memahami makna tekstual dan kontekstual hadits-hadits tentang ibadah.
3.      Mahasiswa mampu menguasai konsep dan aturan pemahaman hadits ibadah.
4.      Mahasiswa mampu memahami keragaman pendapat ulama’ klasik dan modern tentang pemahaman hadits-hadits ibadah.
5.      Mahasiswa mampu mempraktikkan hadits ibadah dalam kehidupan sehari-hari.

INDIKATOR KOMPETENSI

Melalui kajian teoritik dan praksis dalam kegiatan perkulihan, mahasiswa mampu:
  1. Mahasiswa mampu menghafal, menjelaskan kandungan, menghhaditsi dan mempraktikkan hikmah hadits-hadits yang menjelaskan tentang hadats dan najis.
  2. Mahasiswa mampu menghafal, menjelaskan kandungan dan menghhaditsi dan mempraktikkan hikmah hadits-hadits yang menjelaskan tentang shalat fardhu dan shalat sunnah.
  3. Mahasiswa mampu menghafal, menjelaskan kandungan dan menghhaditsi dan mempraktikkan hikmah hadits-hadits yang menjelaskan tentang zakat.
  4. Mahasiswa mampu menghafal, menjelaskan kandungan dan menghhaditsi dan mempraktikkan hikmah hadits-hadits yang menjelaskan tentang puasa wajib dan puasa sunnah.
  5. Mahasiswa mampu menghafal, menjelaskan kandungan dan menghhaditsi dan mempraktikkan hikmah hadits-hadits yang menjelaskan tentang haji dan umrah.

 

METODE PERKULIAHAN

Dalam pelaksanaan perkuliahan ini lebih banyak menuntut keaktifan mahasiswa untuk belajar secara aktif dan mandiri, dosen hanya sebagai fasilitator, dimana digunakan beberapa strategi pembelajaran diantara Interactive Lecturing, The power of two, Diskusi dan Praktek aplikasi secara langsung (Demostrasi).

                     
                                              

BUKU RUJUKAN

§  Abu Abd al-Rahman Ahmad bin Syu’aib al‑Nasa’i, Sunan al‑Nasa’i
§  Abu Isa Muhammad bin Isa al-Turmudzi al-Silmi, Sunan al‑Turmudzi.
§  Ibn Majah, Sunan Ibn Majah
§  Abu Daud Sulaiman bin al-Asy’ats al-Sijistani al-Azdi, Sunan Abi Daud
§  Abu Abdillah Muhammad bin Ismail al-Bukhari al-Ju’fi, Shahih al-Bukhari
§  Muslim bin al-Hijaj Abu al-Husain al-Qusyairi al-Naisaburi, Shahih Muslim
§  Imam Nawawi, Riyadlus Shalihin
§  Ibn Hajar al‑Asqalani, Bulugh al-Maram min adillatil ahkam
§  Jalaluddin Al‑Suyuthi, al‑Jami’ al‑Shaghir.
§  Aminah Abd. Dahlan. 1981. Hadits Arba’in An Nawawiyah. Bandung : Al Ma’arif

TOPIK PERKULIAHAN

Kegiatan perkuliahan diatur menurut tatap-muka terstruktur, jadual waktu menurut kalender akademik, dan penetapan topik-topik bahasan, meliputi :


Pertemuan ke
Topik Perkuliahan
1
Ta’aruf dan Kontrak Belajar
2
Hadits wudlu', al-ghasl dan tayammum
3

Hadits tentang macam-macam najis dan cara penyuciannya.

4
Hadits tentang Macam darah haid dan nifas.
5
Hadits tentang dasar hukum dan rukun shalat.
6
Hadits tentang macam-macam shalat.
7
Hadits tentang tata cara dan hikmah shalat.
8
Ujian Formatif (UTS)
9
Hadits tentang dasar hukum, rukun dan  macam-macam zakat.
10
Hadits tentang tatacara, hikmah zakat, muzakki dan mustahqqun dan  mengelola zakat.
11
Hadits tentang dasar hukum, rukun, macam, tatacara, rukhshoh dan hikmah puasa wajib.
12
Hadits tentang macam-macam puasa sunnah dan klasifikasinya.
13
Hadits tentang dasar hukum, rukun haji dan umroh.
14
Hadits tentang macam, tatacara dan hikmah haji.
15
Ujian Sumatif (UAS)

 

JENIS EVALUASI

·         Performasi (15%)
·         Akhlak Mulia (15%)
·         Penugasan (15%)
·         Kedisiplinan (10%)
·         Ujian Formatif (20%)
·         Ujian Sumatif (25%)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar