SILABI HADITS AHKAM II
Mata Kuliah : HADITS AHKAM II
Jurusan/Prog. Studi : Syari’ah/PBS
Bobot : 2 (dua) SKS
Jenis
Kompetensi : Mata Kuliah Dasar (MKD)
Standar Kompetensi : Mahasiswa memiliki pemahaman tentang hadits-hadits terkait ekonomi dan perbankan
syari’ah.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Kompetensi
|
Materi Pokok
|
Metode
|
Waktu
|
Referensi
|
1.
|
Mahasiswa Mampu Memahami Referensi
Materi Hadits AhkamII
|
a.
Mampu menjelaskan kitab-kitab rujukan utama hadits
b.
Mampu menjelaskan kitab-kitab syarah hadis
c.
Mampu menjelaskan kitab-kitab kumpulan hadits
d.
Mampu menjelaskan kitab-kitab fikih yang bayak memuat
permasalahan ekonomi
|
Pengenalan
Referensi
|
Interactive Lecturing, Brains Storming, Resitasi
|
|
1.
Dosen Tafsir Hadits IAIN Sunan
Kalijaga Yogyakarta, Studi Kitab Hadis, Yogyakarta: Teras, 2003
2.
Ibn Hajar al-`Asqalânî, Muqaddimah Fath al-Bârî, Beirut: Dâr
al-Ma`rifah, 1980
3.
Abdurrahman bin Abi Bakar al-Suyûthî, Tanwîr al-Hawâlik, Kairo:
Maktabah al-Tijâriyah Kubrâ, 1969
4.
Wahbah Zuhaili, al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu,
Damaskus: Dar al-Fikr, tth., cet. IV
|
2.
|
Mahasiswa Mampu
Memahami Hadits-Hadits Tentang al-Milkiyah
|
a. Mampu menjelaskan
makna mufradat hadits-hadits
al-milkiyah dalam Islam
b. Mampu
menyebutkan hadits-hadits tentang al-milkiyah dalam Islam
c. Mampu
menerjemahkan hadits- hadits al-milkiyah dalam Islam.
d. Mempu
menejelaskan kandungan haidts tentang al-milkiyah dalam Islam
e. Mampu
menguraikan fikih hadits al-milkiyah dalam Islam
|
Konsep
al-milkiyah dalam Islam
· عن
ابْنِ عَبَّاسٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ قَالَ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِمُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ حِينَ بَعَثَهُ
إِلَى الْيَمَنِ – فذكر الحديث – وفيه "أَنَّ اللَّهَ قَدْ فَرَضَ عَلَيْهِمْ
صَدَقَةً تُؤْخَذُ مِنْ أَغْنِيَائِهِمْ فَتُرَدُّ عَلَى فُقَرَائِهِمْ (رواه
البخاري)
· حَدَّثَنَا حَرِيزُ بْنُ عُثْمَانَ حَدَّثَنَا
أَبُو خِدَاشٍ وَهَذَا لَفْظُ عَلِيٍّ عَنْ رَجُلٍ مِنْ الْمُهَاجِرِينَ مِنْ أَصْحَابِ
النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ غَزَوْتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثَلَاثًا أَسْمَعُهُ يَقُولُ الْمُسْلِمُونَ شُرَكَاءُ
فِي ثَلَاثٍ فِي الْكَلَإِ وَالْمَاءِ وَالنَّارِ (رواه
أبو داود)
|
Interactive Lecturing, Brains Storming, Resitasi
|
100 menit
|
1. Abu Abdillah Muhammad bin
Ismâ`il al-Bukhâri, Shahîh al-Bukhârî, (Beirut: Dâr al-Fikr, t.th.),
2.
Al-Abadi, `Aun all-Ma`bud, Beirut: Dar al-Fikr,
tth.
3.
Ibn Hajar al-Asqalani, Fath al-Bari, Beirut: Dar
al-Ma`rifah, 1379 H.,
4.
Wahbah Zuhaili, al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu,
Damaskus: Dar al-Fikr, tth., cet. IV
|
3.
|
Mahasiswa mampu memahami Hadits-Hadits Tentang Khiyar
|
a. Mampu menjelaskan makna mufradat hadits-hadits khiyar
b. Mampu
menerjemahkan hadits-hadits-hadits khiyar
c.
Mampu menunjukkan hadits-hadits tentang khiyar
d.
Mempu menjelaskan kandungan hadits-hadits khiyar
e.
Mampu menguraikan fikih hadits khiyar yang meliputi:
macam-macam khiyar dan hukum masing-masingnya
|
Al-Khiyar
· عَنْ
حَكِيمِ بْنِ حِزَامٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ قَالَ الْبَيِّعَانِ بِالْخِيَارِ مَا لَمْ يَتَفَرَّقَا أَوْ قَالَ حَتَّى
يَتَفَرَّقَا فَإِنْ صَدَقَا وَبَيَّنَا بُورِكَ لَهُمَا فِي بَيْعِهِمَا وَإِنْ
كَتَمَا وَكَذَبَا مُحِقَتْ بَرَكَةُ بَيْعِهِمَا)رواه البخاري)
· عَنْ
ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ إِذَا تَبَايَعَ الرَّجُلَانِ فَكُلُّ وَاحِدٍ مِنْهُمَا
بِالْخِيَارِ مَا لَمْ يَتَفَرَّقَا وَكَانَا جَمِيعًا أَوْ يُخَيِّرُ أَحَدُهُمَا
الْآخَرَ فَتَبَايَعَا عَلَى ذَلِكَ فَقَدْ وَجَبَ الْبَيْعُ وَإِنْ تَفَرَّقَا بَعْدَ
أَنْ يَتَبَايَعَا وَلَمْ يَتْرُكْ وَاحِدٌ مِنْهُمَا الْبَيْعَ فَقَدْ وَجَبَ الْبَيْعُ
(رواه البخاري)
|
Interactive Lecturing, Brains Storming, Resitasi
|
100 menit
|
1.
Abu Abdillah Muhammad bin Ismâ`il al-Bukhâri, Shahîh
al-Bukhârî, (Beirut: Dâr al-Fikr, t.th.),
2.
Ibn Hajar al-Asqalani, Fath al-Bari, Beirut: Dar
al-Ma`rifah, 1379 H.
3.
Al-Nawawi, al-Minhaj Syarah Muslim, Beirut: Dar Ihya’ Turats al-Arabi, 1392 H.
4.
Sayyid Sabiq, Fiqh al-Sunnah, ed. Terjemah,
pentj. Mahmuddin Syaf, Bandung: PT. Al-Ma’arif, 1996, Cet. 16
|
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Kompetensi
|
Materi Pokok
|
Metode
|
Waktu
|
Referensi
|
4.
|
Mahasiswa Memahami
Hadits-Hadits Tentang al-Tasy`ir
|
a. Mampu menjelaskan makna mufradat hadits-hadits tasy`ir
b. Mampu menunjukkan
hadits-hadits tasy`ir
c. Mampu
menerjemahkan hadits-hadits tasy`ir
d. Mampu
menjelaskan kandungan hadits-haits tasy`ir
e. Mampu menguraikan
fikih hadits tasy`ir yang meliputi: siapa yang berhak melakukan tasy`ir,
hukum boleh tidaknya tasy`ir berdasarkan kondisinya, hukum tasy`ir moderen.
|
Al-tasyir
· عَنْ
أَنَسٍ قَالَ غَلَا السِّعْرُ عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ فَقَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ سَعِّرْ لَنَا فَقَالَ إِنَّ اللَّهَ هُوَ
الْمُسَعِّرُ الْقَابِضُ الْبَاسِطُ الرَّزَّاقُ (رواه الترمذي وقال: حَدِيثٌ حَسَنٌ
صَحِيحٌ)
· عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيَّبِ
أَنَّ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ مَرَّ بِحَاطِبِ بْنِ أَبِي بَلْتَعَةَ وَهُوَ يَبِيعُ
زَبِيبًا لَهُ بِالسُّوقِ فَقَالَ لَهُ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ إِمَّا أَنْ تَزِيدَ
فِي السِّعْرِ وَإِمَّا أَنْ تُرْفَعَ مِنْ سُوقِنَا (رواه مالك)
|
Interactive Lecturing, Brains Storming, Resitasi
|
100
menit
|
1.
Abî ‘Ȋsâ Muhammad bin ‘Ȋsâ bin
Saurah al-Tirmidzî, Sunan al-Tirmidzi, (Beirut: Dâr al-Fikr, t.th.)
2.
Al-Suyuthi, Tanwir al-Hawalik, (Beirut: Dar
al-Fikr, tth.
3.
Wahbah Zuhaili, al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu,
Damaskus: Dar al-Fikr, tth., cet. IV
4.
Abu al-Hasan Ali bin Muhammad bin Muhammad bin Habib, al-Iqna’
fi Fiqh al-Syafi;i, Dar al-Turats al-Arabi, tth.
|
5.
|
Mahasiswa Memahami
Hadits-Hadits Tentang al-Ihtikar
|
a. Mampu menjelaskan makna mufradat hadits-hadits al-ihtikar
b. Mampu
menunjukkan hadits-hadits al-ihtikar
c. Mampu
menerjemahkan hadits-hadits al-ihtikar
d. Mampu
menjelaskan kandungan hadits-hadits al-ihtikar
e. Mampu menguraikan
fikih hadits puasa yang meliputi:
hukum ihtikar menurut para imam madzhab, syarat-syarat ihtikar, masa ihtikar
|
Al-Ihtikar
· عن
أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
مَنْ احْتَكَرَ حُكْرَةً يُرِيدُ أَنْ يُغْلِيَ بِهَا عَلَى الْمُسْلِمِينَ فَهُوَ
خَاطِئٌ (رواه احمد)
· عَنِ
ابْنِ عُمَرَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ احْتَكَرَ
طَعَامًا أَرْبَعِينَ لَيْلَةً فَقَدْ بَرِئَ مِنْ اللَّهِ تَعَالَى وَبَرِئَ اللَّهُ
تَعَالَى مِنْهُ (رواه احمد)
|
Interactive Lecturing, Brains Storming, Resitasi
|
100 menit
|
1.
Abu Abdullah Ahmad bin Ahmad bin Hanbal, Musnad
Ahmad, (Beirut: Alim al-Kitab, 1998, cet. I
2.
Abu Muhammad Muwaffiq al-Dîn Abdullah bin Ahmad bin Muhammad bin
Qudâmah, al-Mughnî fî Fiqh al-Imâm
Ahmad bin Hanbal al-Syaibânî (Kairo: Hijr li al-Thabâ`ah wa al-Nasyr,
1992)
3.
Wahbah Zuhaili, al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu,
Damaskus: Dar al-Fikr, tth., cet. IV
|
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Kompetensi
|
Materi Pokok
|
Metode
|
Waktu
|
Referensi
|
6.
|
Mahasiswa Memahami
Hadits-Hadits
Tentang al-Salam
|
a. Mempu
menjelaskan makna mufradat hadits-hadits al-salam
b. Mampu menunjukkan
hadits-hadits al-salam
c. Mampu
menerjemahkan hadits-hadits al-salam
d. Mampu
menjelaskan kandungan hadits-hadits al-salam
e. Mampu menjelaskan
fikih hadits al-salam yang meliputi:
syarat salam, rukun salam menurut para ulama, syarat redaksi ijab kabul menurut
Syafi`i dan syarat barang salam
|
Al-salam
· ع
عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَدِمَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
الْمَدِينَةَ وَهُمْ يُسْلِفُونَ فِي الثَّمَرِ فَقَالَ مَنْ أَسْلَفَ فَلْيُسْلِفْ
فِي كَيْلٍ مَعْلُومٍ وَوَزْنٍ مَعْلُومٍ إِلَى أَجَلٍ مَعْلُومٍ (رواه الترمذي)
· عن ابْنَ عَبَّاسٍ قَالَ
قَدِمَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمَدِينَةَ وَهُمْ يُسْلِفُونَ
فِي التَّمْرِ السَّنَتَيْنِ وَالثَّلَاثَ فَنَهَاهُمْ وَقَالَ مَنْ أَسْلَفَ سَلَفًا
فَلْيُسْلِفْ فِي كَيْلٍ مَعْلُومٍ وَوَزْنٍ مَعْلُومٍ إِلَى أَجَلٍ مَعْلُومٍ
(رواه النسائي)
|
Interactive Lecturing, Brains Storming, Resitasi
|
100
menit
|
1.
Abî ‘Ȋsâ
Muhammad bin ‘Ȋsâ bin
Saurah al-Tirmidzî, Sunan al-Tirmidzi, (Beirut: Dâr al-Fikr, t.th.)
2.
Al-Nasâ’î, Sunan al-Nasa’î bi
Syarh al-Suyûthî wa al-Sindiy, (Kairo: Dâr al-Hadîts, 1421 H/2000 M)
3.
Nuruddin bin Abd al-Hadi Abu Hasan al-Sundi, Hasyiah
ala al-Nasa’i, Halab: Maktab al-Mathbu`at al-Islamiyah, 1986, cet. II
4.
Abd al-Raman al-Jaziri, al-Fiqh ala al-Madzahib
al-Arba’ah, Maktabah al-Syamila, ed. 3.28
5.
Wahbah Zuhaili, al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu,
Damaskus: Dar al-Fikr, tth., cet. IV
|
7.
|
Mahasiswa Memahami
Hadits-Hadits Tentang al-Qardh
|
a. Mampu menjelaskan
makna mufradat hadits-hadits al-Qardh
b. Mampu
menunjukkan hadits-hadits al-Qardh
c. Mampu
menerjemahkan hadits-hadits al-Qardh
d. Mampu
menjelaskan kandungan hadits-hadits al-Qardh
e. Mampu menguraikan
fikih hadits al-Qardh yang meliputi: syarat al-Qardh dan syarat yang tidak
dibolehkan dalam al-Qardh
|
Al-Qardh
· عَنْ
ابْنِ مَسْعُودٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا مِنْ
مُسْلِمٍ يُقْرِضُ مُسْلِمًا قَرْضًا مَرَّتَيْنِ إِلَّا كَانَ كَصَدَقَتِهَا مَرَّةً
(رواه ابن ماجة )
· عَنْ
أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
رَأَيْتُ لَيْلَةَ أُسْرِيَ بِي عَلَى بَابِ الْجَنَّةِ مَكْتُوبًا الصَّدَقَةُ بِعَشْرِ
أَمْثَالِهَا وَالْقَرْضُ بِثَمَانِيَةَ عَشَرَ فَقُلْتُ يَا جِبْرِيلُ مَا بَالُ
الْقَرْضِ أَفْضَلُ مِنْ الصَّدَقَةِ قَالَ لِأَنَّ السَّائِلَ يَسْأَلُ وَعِنْدَهُ
وَالْمُسْتَقْرِضُ لَا يَسْتَقْرِضُ إِلَّا مِنْ حَاجَةٍ (رواه الترمذي)
|
Interactive Lecturing, Brains Storming, Resitasi
|
100
menit
|
1.
Abî ‘Ȋsâ
Muhammad bin ‘Ȋsâ bin
Saurah al-Tirmidzî, Sunan al-Tirmidzi, (Beirut: Dâr al-Fikr, t.th.)
2.
Ibn Mâjah, Sunan Ibn Mâjah, (Beirut: Dâr al-Fikr, t.th.)
3.
Al-Suyuthi, Abd al-Ghani, al-Dahlawi, Syarah Sunan
Ibn Majah (Beirut: Dar al-Fikr, tth.
4.
Wahbah Zuhaili, al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu,
Damaskus: Dar al-Fikr, tth., cet. IV
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
Mahasiswa Memahami Hadits-Hadits Tentang
al-Hiwalah
|
a.
Mampu menjelaskan makna mufradat hadits-hadits
al-hiwalah
b.
Mampu menunjukkan hadits-hadits al-hiwalah
c.
Mampu menerjemah hadits-hadits al-hiwalah
d.
Mampu menjelaskan maksud hadits-hadits al-hiwalah
e.
Mempu menguraikan fikih hadits al-hiwalah yang
meliputi: syarat hiwalah, rukun hiwalah, macam-macam hiwalah, terhentinya
akad hiwalah dan gugurnya tanggungan hiwalah dari muhil.
|
Al-Hiwalah
· عَنْ
ابْنِ عُمَرَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَطْلُ الْغَنِيِّ
ظُلْمٌ وَإِذَا أُحِلْتَ عَلَى مَلِيءٍ فَاتْبَعْهُ وَلَا تَبِعْ بَيْعَتَيْنِ فِي
بَيْعَةٍ قَالَ أَبُو عِيسَى حَدِيثُ أَبِي هُرَيْرَةَ حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ وَمَعْنَاهُ
إِذَا أُحِيلَ أَحَدُكُمْ عَلَى مَلِيٍّ فَلْيَتْبَعْ فَقَالَ بَعْضُ أَهْلِ الْعِلْمِ
إِذَا أُحِيلَ الرَّجُلُ عَلَى مَلِيءٍ فَاحْتَالَهُ فَقَدْ بَرِئَ الْمُحِيلُ وَلَيْسَ
لَهُ أَنْ يَرْجِعَ عَلَى الْمُحِيلِ وَهُوَ قَوْلُ الشَّافِعِيِّ وَأَحْمَدَ وَإِسْحَقَ
و قَالَ بَعْضُ أَهْلِ الْعِلْمِ إِذَا تَوِيَ مَالُ هَذَا بِإِفْلَاسِ الْمُحَالِ
عَلَيْهِ فَلَهُ أَنْ يَرْجِعَ عَلَى الْأَوَّلِ وَاحْتَجُّوا بِقَوْلِ عُثْمَانَ
وَغَيْرِهِ حِينَ قَالُوا لَيْسَ عَلَى مَالِ مُسْلِمٍ تَوًى قَالَ إِسْحَقُ مَعْنَى
هَذَا الْحَدِيثِ لَيْسَ عَلَى مَالِ مُسْلِمٍ تَوِيَ هَذَا إِذَا أُحِيلَ الرَّجُلُ
عَلَى آخَرَ وَهُوَ يَرَى أَنَّهُ مَلِيٌّ فَإِذَا هُوَ مُعْدِمٌ فَلَيْسَ عَلَى
مَالِ مُسْلِمٍ تَوًى (الترمذي)
· عَنْ
أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ قَالَ مَطْلُ الْغَنِيِّ ظُلْمٌ وَمَنْ أُتْبِعَ عَلَى مَلِيٍّ فَلْيَتَّبِعْ
(البخاري)
|
Interactive Lecturing, Brains Storming, Resitasi
|
100
menit
|
1.
Abî ‘Ȋsâ Muhammad bin ‘Ȋsâ bin Saurah
al-Tirmidzî, Sunan al-Tirmidzi, (Beirut: Dâr al-Fikr, t.th.)
2.
Abu Abdillah Muhammad
bin Ismâ`il al-Bukhâri, Shahîh al-Bukhârî, (Beirut: Dâr al-Fikr,
t.th.),
3.
Sayyid Sabiq, Fiqh al-Sunnah, ed. Terjemah,
pentj. Mahmuddin Syaf, Bandung: PT. Al-Ma’arif, 1996, Cet. 16
4.
Wahbah Zuhaili, al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu,
Damaskus: Dar al-Fikr, tth., cet. IV
|
9.
|
Mahasiswa Memahami
Hadits-Hadits Tentang al-Rahn
|
a. Mampu menjelaskan makna mufradat hadits-hadits al-rahn
b. Mampu
menunjukkan hadits-hadits al-rahn
c. Mampu
menerjemahkan hadits-hadits al-rahn
d. Mampu menjelaskan
maksud hadits-hadits al-rahn
e. Mampu
menjelaskan fikih hadits al-rahn yang meliputi: syarat rahn, pemanfaatan rahn
dan penyitaan rahn.
|
Al-Rahn
· عَنْ
عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
اشْتَرَى طَعَامًا مِنْ يَهُودِيٍّ إِلَى أَجَلٍ وَرَهَنَهُ دِرْعًا مِنْ حَدِيدٍ
(رواه البخاري)
· عَنْ
أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الرَّهْنُ يُرْكَبُ بِنَفَقَتِهِ إِذَا كَانَ مَرْهُونًا وَلَبَنُ
الدَّرِّ يُشْرَبُ بِنَفَقَتِهِ إِذَا كَانَ مَرْهُونًا وَعَلَى الَّذِي يَرْكَبُ
وَيَشْرَبُ النَّفَقَةُ (رواه البخاري)
|
Interactive Lecturing, Brains Storming, Resitasi
|
100nit
|
1.
Abu Abdillah Muhammad bin Ismâ`il al-Bukhâri, Shahîh
al-Bukhârî, (Beirut: Dâr al-Fikr, t.th.),
2.
Ibn Hajar al-Asqalani, Fath al-Bari, Beirut: Dar
al-Ma`rifah, 1379 H.
3.
Wahbah Zuhaili, al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu,
Damaskus: Dar al-Fikr, tth., cet. IV
|
10.
|
Mahasiswa Memahami
Hadits-Hadits Tentang
syirkah
|
a. Mampu menjelaskan makna mufradat hadits-hadits syirkah
b. Mampu
menunjukkan hadits-hadits syirkah
c. Mampu menerjemah
hadits-hadits syirkah
d. Mampu
menjelaskan kandungan hadits syirkah
e. Mampu
menguraikan fikih hadits syirkah yang meliputi: macam-macam syirkah dan
metode menghindari perpecahan dalam kongsi
|
al-Syirkah
· عَنْ
أَبِي هُرَيْرَةَ رَفَعَهُ قَالَ إِنَّ اللَّهَ يَقُولُ أَنَا ثَالِثُ الشَّرِيكَيْنِ
مَا لَمْ يَخُنْ أَحَدُهُمَا صَاحِبَهُ فَإِذَا خَانَهُ خَرَجْتُ مِنْ بَيْنِهِمَا
(رواه أبو داود)
· عَنِ
السَّائِبِ بْنِ أَبِي السَّائِبِ أَنَّهُ كَانَ يُشَارِكُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَبْلَ الْإِسْلَامِ فِي التِّجَارَةِ فَلَمَّا كَانَ
يَوْمُ الْفَتْحِ جَاءَهُ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
مَرْحَبًا بِأَخِي وَشَرِيكِي (رواه احمد)
|
Interactive Lecturing, Brains Storming, Resitasi
|
100
menit
|
1.
Abi Daud Sulaiman bin Asy’as
al-Sijistânî, Sunan Abû Dâud, Beirut: Dâr al-Fikr, tth.
2.
Abu Abdullah Ahmad bin Ahmad bin Hanbal, Musnad
Ahmad, (Beirut: Alim al-Kitab, 1998, cet. I
3.
Sayyid Sabiq, Fiqh al-Sunnah, ed. Terjemah,
pentj. Mahmuddin Syaf, Bandung: PT. Al-Ma’arif, 1996, Cet. 16
4.
Wahbah Zuhaili, al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu,
Damaskus: Dar al-Fikr, tth., cet. IV
|
11.
|
Mahasiswa Mempraktekkan teori-teori
takhrij
|
a.
Mampu melacak matan hadits-hadits tentang syari’ah dari
sumber aslinya
b.
Mampu melacak beragam sanad hadits-terkait
c.
Mampu menjelaskan ketersambungan sanad hadits terkait
d.
Mampu menjelaskan kualitas para periwayat dalam sanad
hadits
a. Mampu
menjelaskan kuantitas periwayat pada setiap thabaqatnya
|
Tugas melacak hadits
|
Interactive Lecturing, Brains Storming, Resitasi
|
100 menit
|
1. CD
al-Maktabah al-Alfiyah li al-Sunnah
al-Nabawiyah, (Yordania: Markaz al-Turâts, 1999)
‘Abdul
2. Muhdi ‘Abdul Hadi, Turuq Takhrij Aqwal al-Shahabah wa
al-Tabi’in, Kairo: Maktabah al-Iman, 1997
3. Arnudjan
wensinck, A-Mu`jam al-Mufahras li Alfazh al-Hadits al-Nabawi,
Damaskus: Dar al-Fikr,
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar