Senin, 30 Januari 2017

SIlabus Hadits Ahkam II



SILABI HADITS AHKAM II

Mata Kuliah                :     HADITS AHKAM II
Jurusan/Prog. Studi     :     Syari’ah/PBS
Bobot                          :     2 (dua) SKS
Jenis Kompetensi        :     Mata Kuliah Dasar (MKD)
Standar Kompetensi   :     Mahasiswa memiliki pemahaman tentang hadits-hadits terkait ekonomi dan perbankan syari’ah.

No
Kompetensi Dasar
Indikator Kompetensi
Materi Pokok
Metode
Waktu
Referensi
1.
Mahasiswa Mampu Memahami Referensi Materi Hadits AhkamII
a.    Mampu menjelaskan kitab-kitab rujukan utama hadits
b.    Mampu menjelaskan kitab-kitab syarah hadis
c.    Mampu menjelaskan kitab-kitab kumpulan hadits
d.   Mampu menjelaskan kitab-kitab fikih yang bayak memuat permasalahan ekonomi
Pengenalan Referensi
Interactive Lecturing, Brains Storming, Resitasi

1.   Dosen Tafsir Hadits IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Studi Kitab Hadis, Yogyakarta: Teras, 2003
2.   Ibn Hajar al-`Asqalânî, Muqaddimah Fath al-Bârî, Beirut: Dâr al-Ma`rifah, 1980
3.   Abdurrahman bin Abi Bakar al-Suyûthî, Tanwîr al-Hawâlik, Kairo: Maktabah al-Tijâriyah Kubrâ, 1969
4.   Wahbah Zuhaili, al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu, Damaskus: Dar al-Fikr, tth., cet. IV
2.
Mahasiswa Mampu Memahami Hadits-Hadits Tentang al-Milkiyah
a.   Mampu menjelaskan makna  mufradat hadits-hadits al-milkiyah dalam Islam
b.   Mampu menyebutkan hadits-hadits tentang al-milkiyah dalam Islam
c.    Mampu menerjemahkan hadits- hadits al-milkiyah dalam Islam.
d.   Mempu menejelaskan kandungan haidts tentang al-milkiyah dalam Islam
e.    Mampu menguraikan fikih hadits al-milkiyah dalam Islam
Konsep al-milkiyah dalam Islam
·  عن ابْنِ عَبَّاسٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِمُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ حِينَ بَعَثَهُ إِلَى الْيَمَنِ – فذكر الحديث – وفيه "أَنَّ اللَّهَ قَدْ فَرَضَ عَلَيْهِمْ صَدَقَةً تُؤْخَذُ مِنْ أَغْنِيَائِهِمْ فَتُرَدُّ عَلَى فُقَرَائِهِمْ (رواه البخاري)
·  حَدَّثَنَا حَرِيزُ بْنُ عُثْمَانَ حَدَّثَنَا أَبُو خِدَاشٍ وَهَذَا لَفْظُ عَلِيٍّ عَنْ رَجُلٍ مِنْ الْمُهَاجِرِينَ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ غَزَوْتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثَلَاثًا أَسْمَعُهُ يَقُولُ الْمُسْلِمُونَ شُرَكَاءُ فِي ثَلَاثٍ فِي الْكَلَإِ وَالْمَاءِ وَالنَّارِ  (رواه أبو داود)
Interactive Lecturing, Brains Storming, Resitasi
100 menit
1.    Abu Abdillah Muhammad bin Ismâ`il al-Bukhâri, Shahîh al-Bukhârî, (Beirut: Dâr al-Fikr, t.th.),
2.    Al-Abadi, `Aun all-Ma`bud, Beirut: Dar al-Fikr, tth.
3.    Ibn Hajar al-Asqalani, Fath al-Bari, Beirut: Dar al-Ma`rifah, 1379 H., 
4.    Wahbah Zuhaili, al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu, Damaskus: Dar al-Fikr, tth., cet. IV
3.
Mahasiswa mampu memahami Hadits-Hadits Tentang Khiyar
a.   Mampu menjelaskan makna mufradat hadits-hadits khiyar
b.   Mampu menerjemahkan hadits-hadits-hadits khiyar
c.    Mampu menunjukkan hadits-hadits tentang khiyar
d.   Mempu menjelaskan kandungan hadits-hadits khiyar
e.    Mampu menguraikan fikih hadits khiyar yang meliputi: macam-macam khiyar dan hukum masing-masingnya
Al-Khiyar
·  عَنْ حَكِيمِ بْنِ حِزَامٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْبَيِّعَانِ بِالْخِيَارِ مَا لَمْ يَتَفَرَّقَا أَوْ قَالَ حَتَّى يَتَفَرَّقَا فَإِنْ صَدَقَا وَبَيَّنَا بُورِكَ لَهُمَا فِي بَيْعِهِمَا وَإِنْ كَتَمَا وَكَذَبَا مُحِقَتْ بَرَكَةُ بَيْعِهِمَا)رواه البخاري)
·  عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ إِذَا تَبَايَعَ الرَّجُلَانِ فَكُلُّ وَاحِدٍ مِنْهُمَا بِالْخِيَارِ مَا لَمْ يَتَفَرَّقَا وَكَانَا جَمِيعًا أَوْ يُخَيِّرُ أَحَدُهُمَا الْآخَرَ فَتَبَايَعَا عَلَى ذَلِكَ فَقَدْ وَجَبَ الْبَيْعُ وَإِنْ تَفَرَّقَا بَعْدَ أَنْ يَتَبَايَعَا وَلَمْ يَتْرُكْ وَاحِدٌ مِنْهُمَا الْبَيْعَ فَقَدْ وَجَبَ الْبَيْعُ (رواه البخاري)
Interactive Lecturing, Brains Storming, Resitasi
100 menit
1.   Abu Abdillah Muhammad bin Ismâ`il al-Bukhâri, Shahîh al-Bukhârî, (Beirut: Dâr al-Fikr, t.th.),
2.   Ibn Hajar al-Asqalani, Fath al-Bari, Beirut: Dar al-Ma`rifah, 1379 H.
3.   Al-Nawawi, al-Minhaj Syarah Muslim, Beirut: Dar Ihya’ Turats al-Arabi, 1392 H.
4.   Sayyid Sabiq, Fiqh al-Sunnah, ed. Terjemah, pentj. Mahmuddin Syaf, Bandung: PT. Al-Ma’arif, 1996, Cet. 16


No
Kompetensi Dasar
Indikator Kompetensi
Materi Pokok
Metode
Waktu
Referensi
4.
Mahasiswa Memahami Hadits-Hadits Tentang al-Tasy`ir
a.   Mampu menjelaskan makna mufradat hadits-hadits tasy`ir
b.   Mampu menunjukkan hadits-hadits tasy`ir
c.   Mampu menerjemahkan hadits-hadits tasy`ir
d.  Mampu menjelaskan kandungan hadits-haits tasy`ir
e.   Mampu menguraikan fikih hadits tasy`ir yang meliputi: siapa yang berhak melakukan tasy`ir, hukum boleh tidaknya tasy`ir berdasarkan kondisinya, hukum tasy`ir moderen.
Al-tasyir
·  عَنْ أَنَسٍ قَالَ غَلَا السِّعْرُ عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ سَعِّرْ لَنَا فَقَالَ إِنَّ اللَّهَ هُوَ الْمُسَعِّرُ الْقَابِضُ الْبَاسِطُ الرَّزَّاقُ (رواه الترمذي وقال: حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ)
·  عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيَّبِ أَنَّ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ مَرَّ بِحَاطِبِ بْنِ أَبِي بَلْتَعَةَ وَهُوَ يَبِيعُ زَبِيبًا لَهُ بِالسُّوقِ فَقَالَ لَهُ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ إِمَّا أَنْ تَزِيدَ فِي السِّعْرِ وَإِمَّا أَنْ تُرْفَعَ مِنْ سُوقِنَا (رواه مالك)
Interactive Lecturing, Brains Storming, Resitasi
100  menit
1.    Abî ‘Ȋsâ Muhammad bin ‘Ȋsâ bin Saurah al-Tirmidzî, Sunan al-Tirmidzi, (Beirut: Dâr al-Fikr, t.th.)
2.    Al-Suyuthi, Tanwir al-Hawalik, (Beirut: Dar al-Fikr, tth.
3.   Wahbah Zuhaili, al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu, Damaskus: Dar al-Fikr, tth., cet. IV
4.   Abu al-Hasan Ali bin Muhammad bin Muhammad bin Habib, al-Iqna’ fi Fiqh al-Syafi;i, Dar al-Turats al-Arabi, tth.
5.
Mahasiswa Memahami Hadits-Hadits Tentang al-Ihtikar
a.   Mampu menjelaskan makna mufradat hadits-hadits al-ihtikar
b.   Mampu menunjukkan hadits-hadits al-ihtikar
c.   Mampu menerjemahkan hadits-hadits al-ihtikar
d.  Mampu menjelaskan kandungan hadits-hadits al-ihtikar
e.   Mampu menguraikan fikih hadits puasa yang meliputi: hukum ihtikar menurut para imam madzhab, syarat-syarat ihtikar, masa ihtikar
Al-Ihtikar
·  عن أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ احْتَكَرَ حُكْرَةً يُرِيدُ أَنْ يُغْلِيَ بِهَا عَلَى الْمُسْلِمِينَ فَهُوَ خَاطِئٌ (رواه احمد)
·  عَنِ ابْنِ عُمَرَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ احْتَكَرَ طَعَامًا أَرْبَعِينَ لَيْلَةً فَقَدْ بَرِئَ مِنْ اللَّهِ تَعَالَى وَبَرِئَ اللَّهُ تَعَالَى مِنْهُ (رواه احمد)
Interactive Lecturing, Brains Storming, Resitasi
100 menit
1.    Abu Abdullah Ahmad bin Ahmad bin Hanbal, Musnad Ahmad, (Beirut: Alim al-Kitab, 1998, cet. I
2.    Abu Muhammad Muwaffiq al-Dîn Abdullah bin Ahmad bin Muhammad bin Qudâmah,  al-Mughnî fî Fiqh al-Imâm Ahmad bin Hanbal al-Syaibânî (Kairo: Hijr li al-Thabâ`ah wa al-Nasyr, 1992)
3.    Wahbah Zuhaili, al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu, Damaskus: Dar al-Fikr, tth., cet. IV


No
Kompetensi Dasar
Indikator Kompetensi
Materi Pokok
Metode
Waktu
Referensi
6.
Mahasiswa Memahami Hadits-Hadits Tentang al-Salam
a.   Mempu menjelaskan makna mufradat hadits-hadits al-salam
b.   Mampu menunjukkan hadits-hadits al-salam
c.   Mampu menerjemahkan hadits-hadits al-salam
d.  Mampu menjelaskan kandungan hadits-hadits al-salam
e.   Mampu menjelaskan fikih hadits al-salam yang meliputi: syarat salam, rukun salam menurut para ulama, syarat redaksi ijab kabul menurut Syafi`i dan syarat barang salam
Al-salam
·  ع عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَدِمَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمَدِينَةَ وَهُمْ يُسْلِفُونَ فِي الثَّمَرِ فَقَالَ مَنْ أَسْلَفَ فَلْيُسْلِفْ فِي كَيْلٍ مَعْلُومٍ وَوَزْنٍ مَعْلُومٍ إِلَى أَجَلٍ مَعْلُومٍ (رواه الترمذي)
·  عن ابْنَ عَبَّاسٍ قَالَ قَدِمَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمَدِينَةَ وَهُمْ يُسْلِفُونَ فِي التَّمْرِ السَّنَتَيْنِ وَالثَّلَاثَ فَنَهَاهُمْ وَقَالَ مَنْ أَسْلَفَ سَلَفًا فَلْيُسْلِفْ فِي كَيْلٍ مَعْلُومٍ وَوَزْنٍ مَعْلُومٍ إِلَى أَجَلٍ مَعْلُومٍ (رواه النسائي)
Interactive Lecturing, Brains Storming, Resitasi
100  menit
1.     Abî ‘Ȋsâ Muhammad bin ‘Ȋsâ bin Saurah al-Tirmidzî, Sunan al-Tirmidzi, (Beirut: Dâr al-Fikr, t.th.)
2.     Al-Nasâ’î, Sunan al-Nasa’î bi Syarh al-Suyûthî wa al-Sindiy, (Kairo: Dâr al-Hadîts, 1421 H/2000 M)
3.     Nuruddin bin Abd al-Hadi Abu Hasan al-Sundi, Hasyiah ala al-Nasa’i, Halab: Maktab al-Mathbu`at al-Islamiyah, 1986, cet. II
4.     Abd al-Raman al-Jaziri, al-Fiqh ala al-Madzahib al-Arba’ah, Maktabah al-Syamila, ed. 3.28
5.     Wahbah Zuhaili, al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu, Damaskus: Dar al-Fikr, tth., cet. IV
7.
Mahasiswa Memahami Hadits-Hadits Tentang al-Qardh

a.   Mampu menjelaskan makna mufradat hadits-hadits al-Qardh
b.   Mampu menunjukkan hadits-hadits al-Qardh
c.   Mampu menerjemahkan hadits-hadits al-Qardh
d.  Mampu menjelaskan kandungan hadits-hadits al-Qardh
e.   Mampu menguraikan fikih hadits al-Qardh yang meliputi: syarat al-Qardh dan syarat yang tidak dibolehkan dalam al-Qardh
Al-Qardh
·  عَنْ ابْنِ مَسْعُودٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا مِنْ مُسْلِمٍ يُقْرِضُ مُسْلِمًا قَرْضًا مَرَّتَيْنِ إِلَّا كَانَ كَصَدَقَتِهَا مَرَّةً (رواه ابن ماجة )
·  عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَأَيْتُ لَيْلَةَ أُسْرِيَ بِي عَلَى بَابِ الْجَنَّةِ مَكْتُوبًا الصَّدَقَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا وَالْقَرْضُ بِثَمَانِيَةَ عَشَرَ فَقُلْتُ يَا جِبْرِيلُ مَا بَالُ الْقَرْضِ أَفْضَلُ مِنْ الصَّدَقَةِ قَالَ لِأَنَّ السَّائِلَ يَسْأَلُ وَعِنْدَهُ وَالْمُسْتَقْرِضُ لَا يَسْتَقْرِضُ إِلَّا مِنْ حَاجَةٍ (رواه الترمذي)
Interactive Lecturing, Brains Storming, Resitasi
100  menit
1.    Abî ‘Ȋsâ Muhammad bin ‘Ȋsâ bin Saurah al-Tirmidzî, Sunan al-Tirmidzi, (Beirut: Dâr al-Fikr, t.th.)
2.    Ibn Mâjah, Sunan Ibn Mâjah, (Beirut: Dâr al-Fikr, t.th.)
3.   Al-Suyuthi, Abd al-Ghani, al-Dahlawi, Syarah Sunan Ibn Majah (Beirut: Dar al-Fikr, tth.
4.   Wahbah Zuhaili, al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu, Damaskus: Dar al-Fikr, tth., cet. IV









8.
Mahasiswa Memahami Hadits-Hadits Tentang al-Hiwalah
a.    Mampu menjelaskan makna mufradat hadits-hadits al-hiwalah
b.    Mampu menunjukkan hadits-hadits al-hiwalah
c.    Mampu menerjemah hadits-hadits al-hiwalah
d.   Mampu menjelaskan maksud hadits-hadits al-hiwalah
e.    Mempu menguraikan fikih hadits al-hiwalah yang meliputi: syarat hiwalah, rukun hiwalah, macam-macam hiwalah, terhentinya akad hiwalah dan gugurnya tanggungan hiwalah dari muhil.
Al-Hiwalah
·  عَنْ ابْنِ عُمَرَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَطْلُ الْغَنِيِّ ظُلْمٌ وَإِذَا أُحِلْتَ عَلَى مَلِيءٍ فَاتْبَعْهُ وَلَا تَبِعْ بَيْعَتَيْنِ فِي بَيْعَةٍ قَالَ أَبُو عِيسَى حَدِيثُ أَبِي هُرَيْرَةَ حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ وَمَعْنَاهُ إِذَا أُحِيلَ أَحَدُكُمْ عَلَى مَلِيٍّ فَلْيَتْبَعْ فَقَالَ بَعْضُ أَهْلِ الْعِلْمِ إِذَا أُحِيلَ الرَّجُلُ عَلَى مَلِيءٍ فَاحْتَالَهُ فَقَدْ بَرِئَ الْمُحِيلُ وَلَيْسَ لَهُ أَنْ يَرْجِعَ عَلَى الْمُحِيلِ وَهُوَ قَوْلُ الشَّافِعِيِّ وَأَحْمَدَ وَإِسْحَقَ و قَالَ بَعْضُ أَهْلِ الْعِلْمِ إِذَا تَوِيَ مَالُ هَذَا بِإِفْلَاسِ الْمُحَالِ عَلَيْهِ فَلَهُ أَنْ يَرْجِعَ عَلَى الْأَوَّلِ وَاحْتَجُّوا بِقَوْلِ عُثْمَانَ وَغَيْرِهِ حِينَ قَالُوا لَيْسَ عَلَى مَالِ مُسْلِمٍ تَوًى قَالَ إِسْحَقُ مَعْنَى هَذَا الْحَدِيثِ لَيْسَ عَلَى مَالِ مُسْلِمٍ تَوِيَ هَذَا إِذَا أُحِيلَ الرَّجُلُ عَلَى آخَرَ وَهُوَ يَرَى أَنَّهُ مَلِيٌّ فَإِذَا هُوَ مُعْدِمٌ فَلَيْسَ عَلَى مَالِ مُسْلِمٍ تَوًى (الترمذي)
·  عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَطْلُ الْغَنِيِّ ظُلْمٌ وَمَنْ أُتْبِعَ عَلَى مَلِيٍّ فَلْيَتَّبِعْ (البخاري)
Interactive Lecturing, Brains Storming, Resitasi
100    menit
1.    Abî ‘Ȋsâ Muhammad bin ‘Ȋsâ bin Saurah al-Tirmidzî, Sunan al-Tirmidzi, (Beirut: Dâr al-Fikr, t.th.)
2.    Abu Abdillah Muhammad bin Ismâ`il al-Bukhâri, Shahîh al-Bukhârî, (Beirut: Dâr al-Fikr, t.th.),
3.   Sayyid Sabiq, Fiqh al-Sunnah, ed. Terjemah, pentj. Mahmuddin Syaf, Bandung: PT. Al-Ma’arif, 1996, Cet. 16
4.   Wahbah Zuhaili, al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu, Damaskus: Dar al-Fikr, tth., cet. IV
9.
Mahasiswa Memahami Hadits-Hadits Tentang al-Rahn
a.   Mampu menjelaskan makna mufradat hadits-hadits al-rahn
b.   Mampu menunjukkan hadits-hadits al-rahn
c.   Mampu menerjemahkan hadits-hadits al-rahn
d.  Mampu menjelaskan maksud hadits-hadits al-rahn
e.   Mampu menjelaskan fikih hadits al-rahn yang meliputi: syarat rahn, pemanfaatan rahn dan penyitaan rahn.
Al-Rahn
·  عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اشْتَرَى طَعَامًا مِنْ يَهُودِيٍّ إِلَى أَجَلٍ وَرَهَنَهُ دِرْعًا مِنْ حَدِيدٍ (رواه البخاري)
·  عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الرَّهْنُ يُرْكَبُ بِنَفَقَتِهِ إِذَا كَانَ مَرْهُونًا وَلَبَنُ الدَّرِّ يُشْرَبُ بِنَفَقَتِهِ إِذَا كَانَ مَرْهُونًا وَعَلَى الَّذِي يَرْكَبُ وَيَشْرَبُ النَّفَقَةُ (رواه البخاري)
Interactive Lecturing, Brains Storming, Resitasi
100nit
1.     Abu Abdillah Muhammad bin Ismâ`il al-Bukhâri, Shahîh al-Bukhârî, (Beirut: Dâr al-Fikr, t.th.),
2.   Ibn Hajar al-Asqalani, Fath al-Bari, Beirut: Dar al-Ma`rifah, 1379 H.
3.   Wahbah Zuhaili, al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu, Damaskus: Dar al-Fikr, tth., cet. IV
10.
Mahasiswa Memahami Hadits-Hadits Tentang syirkah
a.   Mampu menjelaskan makna mufradat hadits-hadits syirkah
b.   Mampu menunjukkan hadits-hadits syirkah
c.    Mampu menerjemah hadits-hadits syirkah
d.   Mampu menjelaskan kandungan hadits syirkah
e.    Mampu menguraikan fikih hadits syirkah yang meliputi: macam-macam syirkah dan metode menghindari perpecahan dalam kongsi
al-Syirkah
·  عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَفَعَهُ قَالَ إِنَّ اللَّهَ يَقُولُ أَنَا ثَالِثُ الشَّرِيكَيْنِ مَا لَمْ يَخُنْ أَحَدُهُمَا صَاحِبَهُ فَإِذَا خَانَهُ خَرَجْتُ مِنْ بَيْنِهِمَا (رواه أبو داود)
·  عَنِ السَّائِبِ بْنِ أَبِي السَّائِبِ أَنَّهُ كَانَ يُشَارِكُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَبْلَ الْإِسْلَامِ فِي التِّجَارَةِ فَلَمَّا كَانَ يَوْمُ الْفَتْحِ جَاءَهُ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَرْحَبًا بِأَخِي وَشَرِيكِي (رواه احمد)
Interactive Lecturing, Brains Storming, Resitasi
100             menit
1.    Abi Daud Sulaiman bin Asy’as al-Sijistânî, Sunan Abû Dâud, Beirut: Dâr al-Fikr, tth.
2.    Abu Abdullah Ahmad bin Ahmad bin Hanbal, Musnad Ahmad, (Beirut: Alim al-Kitab, 1998, cet. I
3.    Sayyid Sabiq, Fiqh al-Sunnah, ed. Terjemah, pentj. Mahmuddin Syaf, Bandung: PT. Al-Ma’arif, 1996, Cet. 16
4.   Wahbah Zuhaili, al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu, Damaskus: Dar al-Fikr, tth., cet. IV
11.
Mahasiswa Mempraktekkan teori-teori takhrij
a.    Mampu melacak matan hadits-hadits tentang syari’ah dari sumber aslinya
b.    Mampu melacak beragam sanad hadits-terkait
c.    Mampu menjelaskan ketersambungan sanad hadits terkait
d.   Mampu menjelaskan kualitas para periwayat dalam sanad hadits
a.    Mampu menjelaskan kuantitas periwayat pada setiap thabaqatnya
Tugas melacak hadits
Interactive Lecturing, Brains Storming, Resitasi
100 menit
1.   CD al-Maktabah  al-Alfiyah li al-Sunnah al-Nabawiyah, (Yordania: Markaz al-Turâts, 1999) ‘Abdul
2.   Muhdi ‘Abdul Hadi, Turuq Takhrij Aqwal al-Shahabah wa al-Tabi’in, Kairo: Maktabah al-Iman, 1997
3.   Arnudjan wensinck, A-Mu`jam al-Mufahras li Alfazh al-Hadits al-Nabawi, Damaskus: Dar al-Fikr,



Tidak ada komentar:

Posting Komentar